LOGO

Written by Staff IT PA rengat on . Hits: 19

PA RENGAT LAKUKAN SIMULASI DAMKAR

 

2

(Rengat/09/07/2019)   Pengadilan Agama Rengat melakukan simulasi tanggap darurat dan kebakaran  pada hari Selasa tanggal 09 Juli 2019 pukul 14.00 s/d 16.00 wib bertempat di halaman gedung Pengadilan Agama Rengat Jl. Batu Canai Rengat Barat, hal mana berdasarkan Surat Ketua Pengadilan Agama Rengat No. W4-A2/708/OT.01.3/5/2019 tanggal 13 Mei 2019 tentang Permohonan Simulasi Tanggap Darurat dan Kebakaran di PA. Rengat;

          Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Pengadilan Agama Rengat Drs. Syarkasyi, M.H. Wakil Ketua Drs. H. Ribat, S.H., M.H., Panitera Lugman, S.Ag. M.H, Sekretaris H. Mustaming. S.Sos, para hakim, pejabat structural dan fungsional serta tenaga Honor PA. Agama Rengat.

          Sebelum melaksanakan simulasi Nara sumber dari Pemadam Kebakaran (Damkar) terlebih dahulu melakukan penjelasan oleh petugas Damkar Kabupaten Indragiri Hulu bernama Suhemman. Dalam penjelasannya Suherman menerangkan bahwa ada tiga factor yang menimbulkan api atau kebakaran, pertama adanya oksigen, kedua adanya kondisi panas, yang ketiga adanya bahan yang mudah terbakar. Tiga factor inilah yang selalu memicu timbulnya kebakaran. Tentunya sebelum kita melakukan pemadaman api akibat kebakaran harus terlebih dahulu mengetahui secara mendasar alat-alat apa saja yang bisa memadamkan api agar tidak melebar, paparnya. Ada yang sering disebut APAR yaitu alat pemadan api ringan  berkapasitas 0 kg s/d 10 kg sementara APAB alat pemadam api berat berkapasitas 10 s/d 100.. da nada yang lebih besar dari itu. Sambungnya. Ukuran APAR 1 kg hanya digunakan untuk mobik ukuran kecil, 2 kg APAR untuk ukuran mobil besar dan 3 Kg untuk rumah tangga , 3 /sd 8 Kg untuk kantor sementara 9 Kg keatas biasanya di gunakan untuk SPBU atau tempat lainnya; ya tergantung obyek dan tempatnya..paparnya bersemangat;

2a

          Disamping itu kita harus juga mengetahui cara penggunaannya, begitu juga perawatannya, karena racun api mempunyai masa kadaluarsa, biasanya lebih kurang satu tahun setelah dibeli baru atau setelah pengisian refill ulang. Begitu juga cara penempatannya harus benar-benar di tempat yang mudah dijangkau dan sering dilewati oleh siapa saja, dan jarak ketiangginya penempatannya sekitar 125 Cm dari dasar lantar, sehingga mudah dijangkau siapa saja, imbuhnya.

2b

Perlu keberanian

          Petugas kebakaran atau orang yang memadamkan api akibat kebakaran perlu keberanian atau bernyali besar, kenapa ? karena kalau tidak berani maka dia tidak bisa memdamkan api untuk  menyelematkan orang atau harta benda yang terbakar. Disamping sebelum melakukan pemadaman atau mengetahui kondisi obyek yang terbakar dan arah mata angina begitu juga jarak petugas dengan titik api, bila tidak, ya..bisa-bisa petugas damkarnya yang terbakar, terangnya bercanda. Oleh karenanya tidak semua orang bisa melakukannya hanyamreka yang berani dan bernyali tinggi yang bisa.

          Usai memberikan penjelasan, ketua dan Wakil Ketua Pengadilan Agama Rengat begitu juga satpam PA. Rengat langsung melakukan demontrasi dengan memadamkan api yang telah disiapkan sebelumnya. Saya awalnya agak takut juga, apalagi ketika panel segelnya di lepas, kemudian tangan menekan sambil menggemkan  dan langsung kesemprot, api bisa langsung padam, ujar ketua.

          Tanpa terasa waktu menunjukkan pukul 16.00 wib dan kegiatan simulasi damkar usai dilaksanakan, dan kita berharap, miskipun tidak ada kebakaran, kita harus stand by melakukan deteksi dini agar kantor dan rumah kita bisa terselamatkan dari kebakaran. Amin. (by RR)

 

Add comment


Security code
Refresh

ALUR ADMINISTRASI PERKARA SECARA ELEKTRONIK ( E-Court )

Banner E Court 1 Banner E Court 2 Banner E Court 4 Banner E Court 33

APLIKASI PENDUKUNG LAINYA 

pengaduan simari komdanas sipp direktori
sikep abs lpse jdih perpus

 

Hubungi Kami

PENGADILAN AGAMA RENGAT KELAS IB

Jl. Batu Canai No 17 Pematang Reba, Rengat Barat

Kabupaten Indragiri Hulu Provinsi Riau ( 29351 )

TELP : (0769) 341102 - FAX : (0769) 341102 ) 

Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Tautan Aplikasi

SIPP

Komdanas

SIKEP

SIMARI

LPSE

Pengadilan Agama Rengat @2018