newheaderfix 01 01 01

SELAMAT DATANG

Selamat Datang di Website Resmi Pengadilan Agama Rengat. Website ini merupakan website pengadilan yang sudah sesuai dengan Pedoman Rancangan dan Prinsip Aksesibilitas Website Pengadilan di Lingkungan Mahkamah Agung.
SELAMAT DATANG

Marhaban Ya Ramadhan 1445 H

Keluarga Besar Pengadilan Agama Rengat mengucapkan Marhaban Ya Ramadhan 1445 H. Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1445 H
Marhaban Ya Ramadhan 1445 H

STOP GRATIFIKASI, LAPORKAN !!

Apabila anda melihat, mendengar atau mengalami kejadian yang menunjukan penyalahgunaan wewenang, penyimpangan atau pelanggaran perlaku Aparat. LAPORKAN !!
STOP GRATIFIKASI, LAPORKAN !!

 

BIAYA PERKARA

biaya 05

 

 

GUGATAN MANDIRI

1 gugatan 01 01

 

 

 E-COURT

3 ecourt 03

 

 

 

 

 

 SIPP ( Informasi Perkara )

1 sipp 02

 

 

 

 

 

 

DIREKTORI PUTUSAN

4dirputs 04 04

 

 

 

 

 

 

 AREA 01AREA 02AREA 03AREA 04AREA 05AREA 06

 

VIDEO PROFIL

HAK-HAK PEREMPUAN & ANAK PASCAPERCERAIAN

 

JADWAL SIDANG 

kapal layar kawal perkara sparing

 

 

           TAHUN 2020 ; MARI KITA TAKLUKKAN TANTANGAN………… 

 

WhatsApp Image 2020 01 09 at 11.44.32 1

(Rengat/02/01/20) Mengawali tugas pengabdian tahun 2020 Ketua ( Drs. Syarkasyi, MH.).Kembali mengingatkan kepada seluruh jajaran baik pejabat Struktrural maupun Fungsional Pengadilan Agama Rengat begitu juga seluruh staf dan tenaga Honorer untuk dapat bekerja lebih giat lagi menaklukkan tantangan..

Harapan tersebut disampaikan dalam Rapat perdana Tahun 2020 pada hari Kamis tanggal 02 Januari 2020 di ruang sidang utama Pengadilan Agama Rengat. Beliau memaparkan bahwa tahun 2020 ini tantangan pekerjaan kita semakin komplek, khususnya berkaitan dengan layanan yang diberikan kepada masyarakat. Tahun 2020 ini kita tidak bisa lagi bekerja secara konvensional, semua pekerjaan kita saat ini dan kedepannya berbasiskan teknologi informasi. Tata kerja manual telah beralih kepada tata kerja digital, disamping itu penyiapan sarana penunjang kerja secara digital atau elektronik harus kita kuasasi dan inilah merupakan tantangan terbesar kita saat ini dan kedapannya. Tandasnya.

WhatsApp Image 2020 01 09 at 16.12.39 1

Oleh karena itu menghadapi tahun 2020 ini berbagai pembenahan terus dilakukan seperti pengadaan ruang pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) yang baru, mengingat ruang PTSP yang lama kurang memenuhi standart yang ditetapkan. Hal ini bertujuan untuk memberikan layanan yang nyaman kepada masyarakat pencari keadilan. Selanjutnya ruang PTSP yang lama akan digunakan untuk ruang tunggu bagi tamu dan pengguna pengadilan lainnya.

Dalam hal pelayanan perkara secara elektronik atau E-Litigasi untuk tahun 2020, pencari keadilan harus diarahkan untuk menggunakan fortal menu layanan ini. Mengingat, para pencari keadilan akan merasa mudah menggunakan jasa pengadilan baik dari segi waktu maupun finansial. Kedapannya, para pencari keadilan tidak perlu repot-repot lagi menghadiri persidangan secara rutin, tahapan-tahapan persi dangan dijalankan melalui dunia maya dengan pemamfaatan aplikasi e-litigasi ini. Papar ketua.

Tentunya aparat pengadilan mulai dari pimpinan, para hakim, para panitera/panitera Pengganti serta pegawai harus terus menerus meningkatkan kemampuan diri guna merespon tantangan pekerjaan yang semakin komplek. Bila tidak..maka kita akan tergilas dengan perkembangan zaman yang tidak bisa di elakkan. Ungkapnya.

BerbagaiKebijakan.

            Meskipun Pengadilan Agama Rengat Kelas IB telah memiliki acauan yang jelas dalam bekerja, mulai dari Renstra, PKT, Program kerja, Job discreption (uraiantugas), dan SKP, namun terkadang hal-hal yang bersifat teknis masing-masing satker mempunyai ciri/style tersendiri dalam mewujudkan agenda yang direncanakan. Selaku Ketua Pengadilan Agama Rengat kelas IB tentu kebijakan yang akan saya tempuh didasarkan kepada kebutuhan riel PA Rengat saat ini .Termasuk diantaranya peningkatan akreditasi yang saati ni masih “B” bagaimana tahun 2020 ini kita memperoleh predikat “A”. begitu juga penerapan Zona Integritas (ZI), ini sangat penting untuk implementasikan secara total, tidak hanya boleh sebagai symbol belaka tetapi hal tersebut merupakan bagian inheren dalam kenyataannya. Upaya yang harus kita tempuh kedepan adalah dengan terus berusaha semaksimal mungkin membenahi kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan tidak hanya berkaitan dengan sarana dan prasarana tetapi lebih penting dari itu sikap mental aparatur Pengadilan Agama Rengat lebih harus berubah dengan semobyan bersih dan melayani.

WhatsApp Image 2020 01 13 at 08.46.57

pada bagian akhir arahannya, Ketua Syarkasyi meminta seluruh aparatur Pengadilan Agama Rengat harus menjalin kekompakan dan kerjasama, dan menanamkan niat yang ikhlas bekerja untuk kemajuan Lembaga Peradilan Agama guna menyongsong tantangan kompleksitas pekerjaan pada tahun 2020. (semoga by RR)

 

Add comment


Security code
Refresh

  • Prosedur Permintaan Informasi
  • Prosedur Pengaduan
  • Posbakum

Prosedur Pelayanan Permintaan Informasi

Informasi 1. Pemohon Informasi wajib melampirkan identitas pada saat mengajukan permintaan Informasi berupa: a. Pemohon Informasi perorangan paling kurang melampirkan fotokopi kartu tanda penduduk atau surat keterangan kependudukan dari dinas kependudukan dan pencatatan sipil;

Read More

Prosedur Pengaduan

Informasi Syarat dan tata cara pengaduan mengacu pada Peraturan Mahkamah Agung RI No. 9 Tahun 2016 tentang Pedoman Penanganan Pengaduan (Whistleblowing System) di Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang Berada di Bawahnya

Read More

Bantuan Hukum Untuk Masyarakat Tidak Mampu

posbakumMahkamah Agung RI pada tanggal 9 Januari 2014 telah menerbitkan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan.

Read More

Map Pengadilan Agama Rengat

Pengadilan Agama Rengat © 2021