LOGO

Written by Staff IT PA rengat on . Hits: 39

BADILAG ; LIVE STREAMING DISKUSI APLIKASI GUGATAN MANDIRI

WhatsApp Image 2020 01 22 at 09.42.50 2

(Rengat/22/01/20). Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama (Badilag) melalui suratnya No. 150/DJA.1/OT.00/I/2020 tanggal 20 Januari 2020 mengintruksikan kepada seluruh satker Pengadilan Tinggi Agama dan Pengadilan Agama se Indonesia untuk menyaksikan siaran langsung (live Streaming) diskusi tentang pengembangan aplikasi gugatan mandiri dan sosialisasi aplikasi basis data kemiskinan di lingkungan Badan Peradilan Agama.

Pengadilan Agama Rengat langsung saja merespon instruksi penting tersebut, bertempat di ruang teleconference Pengadilan Agama Rengat seluruh jajaran mulai dari Ketua, Wakil Ketua dan para Hakim serta pejabat lainnya dan tidak ketinggalan tenaga honorer ikut menyaksikan diskusi hangat yang berlangsung dari pukul 09.00 Wib s/d 16.00 wib. Kegiatan diskusi langsung tampak pada layar slide dipandu oleh bapak Dirjen Drs. Drs. H. Aco Nur, S.H.,M.H. didampingi oleh Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Agama Bapak Dr. H. Candra Boy Seroza, S.Ag. M.Ag dan Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Agama Ibu Dra. Nur Djannah Syaf, S.H.,M.H.serta pejabat Badilag lainnya.

WhatsApp Image 2020 01 22 at 09.42.50WhatsApp Image 2020 01 22 at 09.42.50 1

Dalam pengantarnya bapak Dirjen Aco Nur meminta kepada jajaran Pengadilan Tingi Agama dan Pengadilan Agama Se Indonesia agar memperkuat pelayanan kepada masyarakat berkaitan dengan layanan pembuatan gugatan. Selama ini pembuatan gugatan di Pengadilan Agama (Posbakum) bekerja saja dengan lembaga Advokat yang bersertifikat yang ada di daerah masing-masing. Namun tidak tertutup kemungkinan Pengadilan Agama juga menyediakan aplikasi gugatan mandiri yang bisa diakses oleh masyarakat yang disiapkan masing-masing satker yang ada di daerah. Tegasnya.

Aplikasi gugatan gugatan mandiri nantinya akan berfungsi mengurngi ketergantungan masyarakat dalam hal layanan gugatan pada lembaga posbakum, sehingga pencari keadilan dapat memilih akses mana yang dia gunakan. Selama ini pintu masuk dalam hal layanan pembuatan gugatan secara gratis hanya melalui pintu posbakum, namun bagi masyarakat yang mampu secara finansial dapat menggunakan jasa pengacara praktek untuk membuat gugatannya. Dengan adanya aplikasi gugatan mandiri, para pencari keadilan bisa secara langsung untuk membuat gugatan tanpa lagi menggunakan jasa advokat atau pengacara praktek.

Selain itu pak dirjen juga membuka ruang yang luas kepada Jajaran Pengadilan Tinggi Se indonesia untuk menyampaikan masukan, buah pikiran pada diskusi tersebut. Dan dalam pantauan Tim redaksi bahwa untuk gugatan mandiri prioritas utama yang nantinya akan diluncurkan adalah gugatan perceraian, dan Permohonan seperti isbat Nikah, dispensasi nikah, wali adhal, dan pengangkatan anak atau lainnya. Sedangkan gugatan warisan atau harta bersama begitu juga sengketa ekonomi syari’ah karena memiliki kompleksitas yang cukup variatip maka belum menjadi prioritas.

Hal lain yang menjadi materi Diskusi adalah berkaitan dengan aplikasi Basis Data kemiskinan di Lingkungan Badan Peradilan Agama, Aplikasi ini mampu mensinkronkan data yang ada di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Derah dengan yang ada di Pengadilan Agama, dengan menggunakan aplikasi ini petugas layanan di pengadilan dapat melihat langsung data yang dibutuhkan dengan tidak lagi meminta dokumen tidak mampu dari Pencari keadilan.

WhatsApp Image 2020 01 22 at 09.42.50 3

Diskusi berjalan cukup panjang dan berakhir pada pukul 16.00 Wib, suatu hal yang menjadi harapan dari warga peradilan Agama Indonesia bahwa Pengadilan Agama tidak akan pernah berhenti melakukan inovasi dan terobosan untuk mempermudah akses layanan bagi masyarakat, disamping itu juga dapat menjadikan peradilan Agama khususnya sebagai Peradilan yang terdepan dalam teknologi dan informasi. (selamat …by RR) 

 

Add comment


Security code
Refresh

ALUR ADMINISTRASI PERKARA SECARA ELEKTRONIK ( E-Court )

Banner E Court 1 Banner E Court 2 Banner E Court 4 Banner E Court 33

APLIKASI PENDUKUNG LAINYA 

pengaduan simari komdanas sipp direktori
sikep abs lpse jdih perpus

 

Hubungi Kami

PENGADILAN AGAMA RENGAT KELAS IB

Jl. Batu Canai No 17 Pematang Reba, Rengat Barat

Kabupaten Indragiri Hulu Provinsi Riau ( 29351 )

TELP : (0769) 341102 - FAX : (0769) 341102 ) 

Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Tautan Aplikasi

SIPP

Komdanas

SIKEP

SIMARI

LPSE

Pengadilan Agama Rengat @2018