LOGO

Written by Staff IT PA rengat on . Hits: 38

DIRJEN BADILAG BUKA RAKORDA PTA PEKANBARU SECARA ON LINE

dirjen badilag

(Pekanbaru/02/03/2020)     Untuk ketujuh kalinya Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Dr. H. Aco Nur, S.H.,M.H membuka acara Rapat Kordinasi Daerah secara online melalui media teleconference. Pembukaan Rakorda sekaligus pembinaan Dirjen Badilag dengan cara online merupakan perkembangan baru dari pemamfaatan teknologi informasi pada jajaran Badan Peradilan Agama (Badilag). Selain Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru, ada dua Pengadilan Tinggi Agama pada hari bersamaan melaksanakan kegiatan Rakorda dengan Pengadilan Agama di wilayah hukumnya. Yaitu PTA Gorontalo dan PTA Maluku Utara pada hari Senin tanggal 02 Maret 2020 pukul 15.00 WIB.

            Kegiatan Rakorda PTA Pekanbaru dengan Pengadilan Agama Sewilayah Pekanbaru dilaksanakan di Hotel Grand Central Pekanbaru, dihari oleh Para Hakim Tinggi, Ketua dan Wakil Ketua Para Panitera dan Sekretaris Pengadilan Agama sewilayah Pekanbaru dan undangan lainnya.

dirjen badilag2

Usai membuka secara resmi Rakorda untuk tiga wilayah Pengadilan Tinggi Agama (Pekanbaru, Maluku Utara, dan Gorontalo), Dirjen Badilag langsung memberikan arahan dan pembinaan secara on line melalui media teleconference. Kegiatan Rakorda ini telah menghemat keuangan Negara cukup signifikan, karena dengan pemamfaatan teknologi informasi yang kita miliki, rapat kordinasi dengan Dirjen dan jajarannya cukup dilakukan ditempat kerja tidak perlu membuang uang cukup banyak untuk suatu kegiatan seperti ini. Tandasnya.

dirjen badilag3

Saat ini Badilag sedang giat-giatnya meluncurkan program unggulan. Paling tidak ada 4 (empat) program unggulan Badilag yang harus direspon cepat oleh satker secara nasional. Pertama program Zona Integritas atau disngkat ZI, tahun 2019 Peradilan Agama telah melampau batas yang diharapkan dimana Peradilan Agama mengusulkan 53 satker, Alhamdulillah 28 satker sudah memperoleh preditker ZI. Sedangkan Pengadilan Negeri diusulkan 96 Satker, ternyata yang memperoleh prediket Satker ZI hanya 27 satker.paparnya. Kedua Program decorum ruang sidang, saya meminta seluruh satker secara nasional membenahi ruang siang sesuai dengan standarisasi yang berlaku. Para pencari keadilan yang bersidang harus dibuat nyaman selama bersidang, karena mereka  yang disidangkan sedang menghadap masalah kehidupan, tentunya dengan ruang sidang yang sesuai dengan standar yang ditetapkan, para pencari keadilan dapat menikmati layanan yang kita berikan. Ketiga Program Kebersihan Kantor, utamanya ruang layanan umum seperti kamar mandi/wc, ruang tunggu, ruang sidang, ruang PTSP, areal parker dan sebagainya harus tetap bersih dan indah. Keempat program e-Litigasi, ini merupakan perkembangan baru dalam layanan administrasi perkara dan persidangan, saya minta seluruh satker secara nasional dengan dipantau oleh pengadilan Tinggi Agama selaku garda terdepan, mengontrol dan mengawasi program ini, kemudian melaporkannya ke Badilag atas perkara-perkara yang bersidang melalui e-litigasi. Tegas Dirjen kelahiran Bima itu.

Dalam bagian akhir beliau mengapreasiasi bagi satker telah berjuang  untuk merespon cepat kebijakan dan program unggulan badilag. Bagi yang SIPP (Sistim Informasi Penelusuran Perkara) bisa bertahan dalam rangking sepuluh besar selama satu bulan saja atau tiga bulan berturut-turut, ada beberapa pilihan, mulai dari mutasi ketempat yang dinginkan atau promosi. Dan bagi satker yanag telah berhasil memperoleh predikat ZI akan saya promosikan pimpinannya menjadi hakim tinggi, dan ini telah saya lakukan pada TPM tanggal 6 Pebruari yang lalu. paparnya dengan penuh semangat

dirjen badilag 4

Usai pembinaan dari Bapak Dirjen, acara selanjutnya adalah materi Rakorda yang telah disusun panitia. Dalam Pantauan Tim redaksi, kegiatan Rakorda ini akan berlangsung selama 3 hari, dan akan ditutup nanti secara resmi oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru pada hari Rabu tanggal 4 Maret 2020. (semoga lancar, amin By RR)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Tautan Aplikasi

SIPP

Komdanas

SIKEP

SIMARI

LPSE

Pengadilan Agama Rengat @2018