img_head
BERITA

Pengadilan Agama Rengat Kelas I B Berpartisipasi dalam Peresmian Operasional Pengadilan Baru Melalui Live Streaming

Okt22

Konten : berita kegiatan
Telah dibaca : 48 Kali

Menindak lanjuti surat edaran Nomor 9 Tahun 2018 tentang Publikasi Peresmian Operasional Pengadilan Baru, pegawai Pengadilan Agama Rengat Kelas I B menyaksikan bersama siaran langsung peresmian operasional pengadilan baru pada hari Senin, 22 Oktober 2018 melalui live streaming pada chanel youtube.com mahkamahagunglive di ruang tunggu sidang Pengadilan Agama Rengat Kelas I B.

Dalam live streaming tersebut Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Prof. Dr. H. M. Hatta Ali, S.H., M.H. meresmikan operasional 85 (delapan puluh lima) Pengadilan baru di seluruh Indonesia di Melounguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara. 85 (delapan puluh lima) pengadilan baru tersebut terdiri dari 3 (tiga) badan peradilan yaitu 30 (tiga puluh) Pengadilan Negeri, 50 (lima puluh) Pengadilan Agama dan 3 (tiga) Mahkamah Syar’iyah serta 2 (dua) Pengadilan Tata Usaha Negara.

Pemilihan Kabupaten Kepulauan Talaud sebagai lokasi peresmian pengadilan baru merupakan bentuk perhatian dan apresiasi pimpinan Mahkamah Agung terhadap Pengadilan-pengadilan yang berada di wilayah pelosok dan pulau terluar di Indonesia. Kabupaten Kepulauan Talaud terletak di sebelah utara Pulau Sulawesi dan wilayah paling utara di Indonesia timur serta berbatasan langsung dengan daerah Davao del Sur, Filipina.

Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. M. Hatta Ali, S.H., M.H. mengatakan bahwa terbentuknya pengadilan baru tidak semata-mata ditujukan untuk berdirinya sebuah bangunan pengadilan di suatu daerah yang wilayah administratifnya mengalami pemekaran, namun yang lebih penting adalah bisa lebih mendekatkan akses keadilan kepada masyarakat dan para pencari keadilan (Justicia Bellen) yang domisilinya jauh dari lokasi pengadilan.

Ketua Mahkamah Agung berharap dengan berdirinya pengadilan-pengadilan baru tersebut dapat memberikan kemudahan akses keadilan bagi seluruh lapisan masyarakat, agar dapat mewujudkan prinsip p<span style="\\&quot;color:rgb(34," 34,="" 34);="" font-family:tahoma,sans-serif;="" font-size:16.6667px\\"="">yang sederhana, cepat, dan biaya ringan.