img_head
BERITA

ACARA PERPISAHAN PELEPASAN KERJA KETUA DAN HAKIM PENGADILAN AGAMA RENGAT

Des20

Telah dibaca : 29 Kali


Acara Pengantar tugas Ketua dan Hakim

Pengadilan Agama Rengat

Setiap pertemuan ada perpisahan, ada yang datang ada yang pergi, begitulah ungkapan klasik yang selalu di utarakan saat ada perpisahan, Rabu,19 Desember 2018 merupakan waktu yang dipilih dan bertempatan di ruang sidang, acara pengantar tugas Bapak Drs. Muhdi Kholil, SH.,MA.,MM, Ketua Pengadilan Agama Rengat Kelas IB yang dipromosikan menjadi  Wakil Ketua Pengadilan Agama Sragen Kelas IA, sementara Hakim atas nama Syamdarma Futri, S.Ag., M.H. dan Nidaul Husni, S.HI, M.H. dipindahtugaskan sebagai Hakim di Pengadilan Agama Curup Kelas IB.

Acara tersebut diselenggarakan oleh Hakim, pegawai serta tenaga honorer PA. Rengat yang juga  dihadiri Oleh, Ketua, Wakil Ketua, dan para Hakim Pengadilan Negeri Rengat  serta Kepala Cabang Bank Syariah Mandiri (BSM) Rengat.           

Acara diawali dengan pembacaan ayat suci al Qur’an oleh Qori;ah Suraidah. S.pd lalu dilanjutkan dengan penyampaian kesan dan pesan oleh MHD. Taufik, S.HI (hakim PA. Rengat) mewakili keluarga besar Pengadilan Agama Rengat. Adapun kesan beliau terhadap pak ketua antara lain bahwa awalnya sebelum pak ketua bertugas ke Rengat, beliau telah bertemu dan berbincang-bincang dengan pak ketua, ketika bertemu di Badilag, hingga saat pak ketua akan bertugas ke Rengat beliau juga ikut menjeput pak ketua ke Pekanbaru. . Meskipun pak ketua tidak terlalu lama bertugas di PA. Rengat yakni lebih kurang 14 bulan, namun beliau banyak mendapatkan Ilmu dan berbagai pengalaman untuk dapat dijadikan pedoman dalam melaksanakan tugas pada masa yang akan datang. Adapun terhadap kedua hakim yang mutasi ke PA. Curup beliau menyatakan bahwa orang yang telah lama bekerja dan bersama dengan kita selama lebih kurang lima tahun, tentu telah merasa nyaman, yang akhirnya akan berat untuk meninggalkan tempat yang sudah terasa nyaman tersebut, sementara ketika kita pindah ketempat kerja yang baru, butuh kesiapan mental, karena kita akan bertemu dengan teman-teman yang baru dalam suasana yang baru pula,sudah barang tentu kita perlu penyesuaian, agar terbangun rasa nyaman dan kondusifitas kerja.Beliau mendoakan Pak ketua dan kedua Hakim yang mutasi, agar sukses dalam melaksanakan tugas di tempat yang baru. Sebagai penutup kesan dan pesan, beliau membacakan beberapa bait pantun sebagai berikut: “

“Kalu Tidak Karena Unggas, Tidak rusak padi disawah, Kalau tidak karena tugas, Tidak lah Kita akan berpisah.”

Kesan dan pesan berikutnya yang dirangkai dengan kata sambutan disampaikan oleh Ketua Pengadilan Agama Rengat sekaligus mewakili kedua hakim yang akan mutasi, adapun yang beliau utarakan antara lain, ucapan terima kasih atas kerja sama yang telah terbina selama ini dan mohon maaf apabila ada kesalahan beliau selama memimpin PA. Rengat. Bila ada hak  bapak/ibu atau keluarga bapak ibu sekalian yang termakan oleh saya, saya mohon untuk dihalalkan dan dikhlaskan. Karena jika saya dituntut di depan Ketua atau di depan hakim  Pengadilan Negeri Rengat, saya tidak khawatir karena masih ada kesempatan membela diri tetapi jika saya dituntut di hadapan Allah Swt, saya sangat takut, pasti kita tidak akan mampu berkelit, karena yang akan mempertanggungjawabkan perbuatan kita adalah seluruh anggota tubuh kita dan tidak akan ada kesempatan untuk membela diri disebabkan semuanya terbuka secara transparan dan tidak ada lagi yang dapat disembunyikan. Akhirnya beliau meminta doa restu dari keluarga besar Pengadilan Agama Rengat agar beliau dan dua orang hakim yang mutasi di berikan kemudahan, ketabahan, kelancaran, kesehatan, dan keselamatan di tempat kerja yang baru nanti dan beliau juga berpesan semoga keluarga besar Pengadilan Agama Rengat ke depan akan lebih baik lagi.

Setelah selesai penyampaian kesan dan pesan acara dilanjutkan dengan pemberian cendra mata dari keluarga besar Pengadilan Negeri Rengat dan dari rekan-rekan PA. Rengat serta photo bersama dan ditutuplah acara tersebut dengan lantunan doa yang dipmpin oleh Drs.H. NUR AL JUM'AT, SH, MH.